Bank Jatim Internet Banking, Boost E-Channel Delivery

Date: 07 april 2015

Categories :


Launching Internet Banking Bank Jatim

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) continue to demonstrate their earnestness in developing technology-based products and services dan informasi khususnya dalam lingkup e-channel. Bertempat di Surabaya Town Square Surabaya (6/4), bankjatim meluncurkan bankjatim Internet Banking yang dikemas dengan acara serta berbagai aktifitas yang menarik, salah satunya live performance dari group band Ungu yang tampil menghibur mitra dan nasabah bankjatim sebagai undangan serta masyarakat p engunjung Surabaya Town Square Surabaya.

Launching bankjatim Internet Banking ini sejalan dengan semangat tagline bankjatim “Yang Terbaik Untuk Anda”, karena dengan bankjatim Internet Banking, nasabah dapat menikmati segala fasilitas layanan dan transaksi perbankan melalui jaringan internet yang dapat diakses 24 jam. bankjatim Internet Banking ini merupakan solusi dari kebutuhan nasabah akan pelayanan perbankan yang cepat, praktis, mudah, dan tidak terbatas waktu.

“Saat ini layanan perbankan berbasis e-channel telah menjadi salah satu kebutuhan untuk menunjang segala aktifitas keuangan masyarakat, oleh karena itu dengan peluncuran bankjatim internet banking sebagai salah satu delivery e-channel yang handal, diharapkan layanan kepada nasabah dapat ditingkatkan dan perkembangan bisnis dapat diwujudkan menjadi lebih baik ditengah tingginya persaingan di industri perbankan yang semakin kompetitif saat ini,” jelas Hadi Sukrianto, Direktur Utama bankjatim.

Fitur-fitur pada bankjatim Internet Banking diantaranya adalah transfer dana, yaitu fasilitas transfer antar rekening bankjatim, transfer antar Bank Domestik dan daftar transfer dapat dijadwalkan. Disamping itu juga ada fitur pembayaran yang dapat digunakan antara lain untuk pembayaran Telkom, listrik, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Kendaraan Bermotor, Televisi Kabel, Kartu Kredit, Multi Finance, Telepon GSM/CDMA, pendidikan, airlines dan sebagainya.

Dengan bankjatim Internet Banking, nasabah juga dapat melakukan pembelian pulsa telepon GSM, pulsa listrik, tiket pesawat dan tiket kereta api. Adapun layanan lain dalam bankjatim Internet Banking antara lain adalah informasi notifikasi email, informasi kurs, mendukung kolektif transfer (bulk transfer), level authorisation, level user, payroll gaji serta didukung layanan dua bahasa (Indonesia dan Inggris).

Sebagai pendukung keamanan bankjatim internet banking, setiap user yang bertindak sebagai approver akan dibekali token sebagai alat otentikasi tambahan untuk melakukan transaksi finansial. Token ini berfungsi untuk menghasilkan respons number yang unik, selalu berganti-ganti dan tidak sama dengan respons number yang dihasilkan pada token yang lain. Adapun satu user akan memiliki serial number yang berbeda dengan user yang lain.

bankjatim Internet Banking terdiri dari dua versi, yaitu individu (nasabah perorangan) dan corporate (korporasi seperti Pemerintah, lembaga pendidikan, perusahaan dan sebagainya). Dalam hal ini, target market bankjatim adalah nasabah existing dan untuk menggaet calon nasabah baru.

Dari jumlah transaksi delivery e-channel tahun 2014 sebesar 130.854 transaksi, bankjatim menargetkan jumlah transaksi nasabah individual bankjatim Internet Banking sebesar 90% atau 117.769 transaksi dan transaksi nasabah corporate sebesar 10% atau 13.085 transaksi.

Dengan layanan bankjatim Internet Banking, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga bankjatim tahun 2014 sebesar Rp30,27 triliun atau naik 16,48% (Year on Year). Dalam hal ini, bankjatim menargetkan perolehan Dana Pihak Ketiga bankjatim tahun 2015 akan tumbuh sebesar 17,13%. (pr/med)