Kinerja Meningkat, Bank Jatim Optimis Mencapai Target 2018

Date: 31 oktober 2018

Kategori :


Bertempat di Rooftop lantai 4, gedung Kantor Pusat PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim), melaksanakan paparan kinerja triwulan III 2018 (unaudited).Tercatat sepanjang Triwulan III 2018, kinerja keuangan bankjatim menunjukkan performa yang bagus dan tumbuh dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Aset bankjatim tercatat mengalami pertumbuhan 17,81% atau sebesar Rp. 63,43 triliun dan laba bersih tercatat Rp. 1,06 triliun, tumbuh 4,54% (YoY).

Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim mencatatkan pertumbuhan 20,13% (YoY) yaitu sebesar Rp. 52,84 triliun. Pertumbuhan DPK didominasi oleh Deposito di angka Rp. 17,38 triliun atau tumbuh sebesar 23,05%. Pertumbuhan Deposito tersebut menegaskan bahwa kepercayaan masyarakat kepada bankjatim terus meningkat. Untuk pertumbuhan kredit, bankjatim mampu mencatatkan pertumbuhan sebesar Rp. 33,07 triliun atau tumbuh 7,74% (YoY). Kredit di sektor konsumsi menjadi penyumbang tertinggi sebesar Rp. 21,02 triliun, tumbuh 10,52% (YoY). Sektor penyaluran Kredit Bankit KKPA (Kredit kepada Koperasi untuk Anggotanya) memberikan sumbangsih cukup signifikan dengan pertumbuhan 21,08% (YoY)

Rasio keuangan bankjatim posisi September 2018 menunjukkan tren positif, antara lain: Return on Equity (ROE) sebesar 20,20%, Net Interest Margin (NIM) sebesar 6,38%, Return On Asset (ROA) 3,38%, Biaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) tetap terjaga sebesar 64,86% serta CASA rasio bankjatim sebesar 67,11% (selama lebih dari 15 tahun berada diatas 65%).

Dengan pencapaian tersebut, bankjatim optimis akan mencapai target yang ditetapkan pada akhir tahun 2018 dengan pertumbuhan aset sebesar 8,50 %, pertumbuhan kredit sebesar 10,65 %, pertumbuhan DPK 10 %, serta pertumbuhan laba sebesar 5 %

Strategi Bank Jatim

Beberapa strategi dilakukan pada triwulan IV untuk mencapai target akhir tahun, diantaranya:

  • Peningkatan status jaringan dari Kantor Kas menjadi Kantor Cabang Pembantu, yang bertujuan untuk meningkatkan peluang penyaluran kredit dan optimalisasi layanan;
  • Penetrasi pasar terhadap penyaluran kredit dilakukan dengan memperoleh lebih banyak informasi serta data pelaku usaha dan/atau UMKM melalui dinas terkait, juga peningkatan penyaluran kredit kepada koperasi melalui skema kredit Bankit KKPA yang tahun ini memberikan kontribusi cukup baik dalam kinerja bankjatim;
  • Optimalisasi program tabungan berhadiah maupun promo menarik lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan DPK. Melalui program tabungan Siklus Bunga Plus yang menawarkan hadiah langsung tanpa diundi, juga program Giro Plus dengan jasa giro kompetitif serta berbagai keuntungan dan kemudahan yang didapat. bankjatim juga membidik nasabah usia sekolah dengan tabungan Simpel yang cukup mendapatkan respon baik dari masyarakat;
  • Peningkatan fee based income juga menjadi perhatian utama bankjatim untuk pencapaian target akhir tahun. Sampai akhir tahun ini, bankjatim akan lebih mengoptimalkan transaksi tresuri dan bancassurance;
  • Meningkatkan layanan berbasis teknologi informasi melalui layanan e-samsat, SP2D Online, mobile banking, SMS banking dan internet banking juga penggunaan kartu ATM yang terkoneksi dengan GPN diharapkan mampu mendorong pertumbuhan kinerja yang cukup baik di 2018.

Kegiatan Bank Jatim

Sebagai bentuk apresiasi terhadap kepercayaan masyarakat kepada bankjatim, sepanjang bulan September hingga Oktober 2018, bankjatim menyelenggarakan Gemerlap Hadiah Undian Simpeda di 5 Kota/Kabupaten yaitu Jember, Bangkalan, Jombang, Pacitan, Kediri. Mengangkat tema “Eksotika Jawa Timur”, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan lebih dekat keberagaman budaya, kuliner, dan keindahan pariwisata yang dimiliki Jawa Timur.

Gemerlap Hadiah Undian Simpeda tidak hanya memberikan hiburan dan pengundian tabungan semata, namun dalam rangkaian kegiatan tersebut juga dilaksanakan economic outlook, sebuah seminar yang membahas, memprediksi, juga sebagai sarana bertukar pikiran terhadap perubahan dinamika ekonomi yang akan terjadi di masa depan dengan menghadirkan beberapa tokoh, praktisi ekonomi, serta pejabat daerah setempat.

Rangkaian acara Gemerlap Hadiah Undian Simpeda 2018 akan ditutup di Kota Surabaya pada tanggal 02 November 2018 dengan mendatangkan artis Ibu Kota Judika. Pada acara tersebut bankjatim akan mengundi Hadiah Grandprize sebesar Rp. 500 juta untuk nasabah setia bankjatim.

Sekilas Tentang Bank Jatim

bankjatim merupakan Bank Umum yang berkantor pusat di Surabaya dan telah memiliki jaringan di seluruh Jawa Timur, DKI Jakarta dan Kota Batam. Didirikan 17 Agustus 1961, dengan berbadan hukum Perusahaan Daerah (PD), pada tahun 1976, bankjatim berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Dan sejak Juli 2012 bankjatim melakukan Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO) yang menjadikan bankjatim menjadi salah satu Bank Pembangunan Daerah yang sudah terbuka (Tbk.)

Sampai dengan September 2018 bankjatim memiliki total layanan sebanyak 1.652 layanan, baik layanan konvensional maupun syariah. Selain telah bekerjasama dengan jaringan ATM Bersama dan jaringan Prima (termasuk Prima Debit), yang terbaru, bankjatim telah bergabung dalam Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang berarti kartu ATM bankjatim dapat digunakan pada seluruh ATM dan merchant di Indonesia yang berlogo ATM Bersama, Prima dan GPN tanpa dikenakan biaya apapun.

Berbagai penghargaan telah diterima bankjatim sampai Oktober 2018, diantaranya:

  • Indonesia Corporate Social Responsibility Award II 2018 (ICSRA II 2018) dari Sindo Weekly;
  • TOP The Best BUMD 2018 dari Business News;
  • TOP The Best CEO BUMD 2018 dari Business News;
  • Indonesia TOP 100 Most Valuable Brand dari SWA
  • Silver Award for Owned Media SubkategoriWebsite dari PR Indonesia;
  • Corporate Image Award kategori Bank Regional dari Tempo Group;
  • Banking Service Excellent peringkat 1 Mobile Banking dari Infobank;
  • Indonesia Banking Award kategori The Most Reliable Bank Kategori BPD asset > Rp. 30 Triliun dari Tempo Group;
  • Corporate Secretary Award kategori Top 10 GCG Issues in Banking Sector dari Warta Ekonomi