Tingkatkan Layanan bagi ASN, PemKab Sumenep gandeng Bank Jatim melaunching Smart ID Card

Date: 11 mei 2018

Kategori : Semua Berita


Bertempat di Pendopo Kabupaten, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melaunching program Smart ID Card bagi aparatur sipil negara (ASN). Launching yang dihadiri langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia Bima Haria Wibisana, Bupati Sumenep A Busyro Karim, Direktur Manajemen Risiko bankjatim Rizyana Mirda beserta SKPD se kabupaten Sumenep ini merupakan program one stop card bagi para PNS khususnya di Kabupaten Sumenep.

Dalam program ini, pemkab Sumenep bekerjasama dengan bankjatim melalui kantor Cabang Sumenep untuk pelaksanaannya. Hingga saat ini, bankjatim telah mencetak sebanyak 7.777 Smart ID Card bagi ASN di Kabupaten Sumenep dan untuk ASN di kepulauan Sumenep difasilitasi oleh BRI.

“Penerapan Smart ID Card ini untuk peningkatan disiplin ASN, meningkatkan kemudahan untuk akses dan pelayanan administrasi kepegawaiannya, sekaligus fungsi perbankan”, ujar A Busyro Karim

Selain fungsi Smart ID Card sebagai tanda pengenal, Smart ID Card juga berfungsi sebagai profil data dan layanan administrasi kepegawaian PNS, absensi, serta fungsi perbankan. Fungsi Perbankan ini layaknya kartu anjungan tunai mandiri (ATM). Para pengguna Smart ID Card bisa menggunakannya saat bertransaksi di mesin ATM. Termasuk, ke depannya Smart ID Card akan menjadi kartu diskon di merchant yang telah bekerjasama juga berfungsi sebagai uang elektronik.

Direktur Manajemen Risiko bankjatim Rizyana Mirda mengatakan, ”Kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Pemkab Sumenep terhadap bankjatim, harapan kami, kami dapat melayani seluruh wilayah Jawa Timur” ujar Rizyana Mirda secara langsung kepada Bupati Sumenep.

Kepala BKN Pusat Bima Haria Wibisana mengatakan, program Smart ID Card ini merupakan yang pertama di Jawa Timur. Pihaknya siap mendukung dan membantu program seluruh BKD di Jatim. Hal ini sebagai percontohan, apa yang sudah dilakukan di Sumenep agar bisa diikuti oleh kabupaten lain,” ujarnya.