Program

Kebijakan tanggung jawab sosial dan lingkungan Bank Jatim dilaksanakan mulai tahun 2009. Beberapa bidang terkait dengan pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan di Bank Jatim meliputi pendidikan, kebudayaan, kesehatan dan sosial. Kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan program-program tersebut dilaksanakan secara berkelanjutan.

  • Lingkungan Hidup
    • Bank Jatim memiliki program Bank Jatim Peduli untuk pelestarian alam dan lingkungan, beberapa bentuk kegiatan terkait pelestarian alam dan lingkungan meliputi penghijauan, pemberian bibit pohon, pemberian sarana untuk menjaga kebersihan lingkungan antara lain sepeda motor pengangkut sampah, gerobak sampah, tempat sampah pemilah sampah basah dan kering, truk tangki air, pembangunan taman kota.
  • Praktik Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja
    • Bank Jatim memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan kenyamanan bekerja bagi para karyawannya. Dalam mendukung komitmen tersebut, pihak Manajeman merumuskan kebijakan yang bertujuan untuk mendukung sikap profesionalisme dari para karyawannya serta kepastian jenjang karir melalui mekanisme penilaian kerja dan pemberian reward yang kompetitif dalam industri keuangan dan perbankan. Peningkatan kompetensi dan profesionalisme dilakukan melalui berbagai pelatihan
  • Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan
    • Bank Jatim memiliki program Bank Jatim Peduli untuk pengembangan sosial dan kemasyarakatan dengan berbagai bentuk program kegiatan antara lain :
      1. Pendidikan
        Kegiatan dalam bidang pendidikan antara lain pembangunan infrastruktur pendidikan berupa sekolah, rumah pintar, perpustakaan, pemberian sarana pendidikan antara lain seragam sekolah, buku bacaan, peralatan sekolah, melaksanakan edukasi perbankan, pemberian beasiswa
      2. Kebudayaan
        Program Bank Jatim di bidang kebudayaan meliputi olahraga dan kesenian. Pembinaan di bidang olahraga antara lain pembangunan/perbaikan gedung olahraga, pembinaan olahraga kepada pemuda dan pelajar. Untuk melestarikan kebudayaan, Bank Jatim melaksanakan beberapa kegiatan antara lain ikut serta dalam pembinaan kesenian daerah, pembangunan/perbaikan gedung kesenian, pemberian sarana untuk pelaksanaan kegiatan kesenian
      3. Kesehatan
        Beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Bank Jatim antara lain pemberian fasilitas kesehatan antara lain ambulance, alat-alat kesehatan (kursi roda, brankar, timbangan, dll), pelaksanaan khitanan massal, operasi katarak, operasi untuk penderita cacat bawaan, perbaikan gizi buruk melalui pemberian makanan tambahan khususnya bagi para balita penderita gizi buruk
      4. Sosial
        Bentuk kepedulian Bank Jatim pada bidang sosial antara lain pembangunan infrastruktur sosial atau fasilitas umum berupa tempat ibadah, ponten umum, gazebo, kegiatan perbaikan rumah tidak layak huni dan plesterisasi, pemberian tenda bagi para pedagang kaki lima sebagai sarana untuk berjualan, pemberian peralatan usaha bagi UKM, pemberian santunan bagi warga masyarakat yang kurang mampu, pemberian santunan bagi korban bencana alam
      REALISASIPROGRAMTOTAL
      Pendidikan Budaya Kesehatan Sosial
      2013 Rp1.280.398.790,00 Rp347.105.000,00 Rp4.199.406.581,00 Rp9.426.271.090,00 Rp15.253.181.461,00
      2014 Rp2.052.673.500,00 Rp538.058.000,00 Rp4.208.046.000,00 Rp8.674.904.000,00 Rp15.473.681.500,00
      2015 Rp1.000.104.927,00 Rp396.000.000,00 Rp2.348.661.204,00 Rp7.295.385.260,00 Rp10.810.664.391,00
      2016 Rp2.507.593.420,00 Rp450.100.000,00 Rp3.526.666.780,00 Rp7.693.460.397,00 Rp14.177.820.527,00
      2017 Rp1.239.694.118,00 Rp289.650.000,00 Rp4.113.036.615,00 Rp6.624.945.506,00 Rp12.267.326.239,00
      2018 Rp506.609.635,00 Rp325.800.000,00 Rp2.196.004.300,00 Rp8.016.926.281,00 Rp11.045.340.216,00
      2019 Rp791.121.592,00 Rp334.200.000,00 Rp2.361.740.700,00 Rp12.481.352.922,00 Rp15.968.415.236,00
      2020 Rp869.256.000,00 Rp429.600.000,00 Rp5.369.360.000,00 Rp8.985.314.563,00 Rp15.653.530.563,00
      2021 Rp707.470.000,00 - Rp4.643.759.000,00 Rp12.699.255.901,00 Rp18.050.485.891,00
  • Tanggung Jawab Produk dan/atau Layanan
    • Bank Jatim juga menyediakan layanan nasabah yang bertugas untuk menjelaskan segala sesuatu yang berkaitan dengan produk berikut manfaatnya dan menjelaskan kegunaan produk, hak dan kewajiban atas produk dimaksud, termasuk posisi masing-masing pihak, kapan perjanjian berakhir dan bagaimana penyelesaian bila terjadi perselisihan.