53 tahun Bank Jatim, mengenang sejarah & menggapai asa

Date: 18 agustus 2014

Kategori :


HUT 53th Bank Jatim 
Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang tanggal 17 Agustus selalu ada yang menarik dengan Bank Jatim yaitu ada suasana kemeriahan yang berbeda dibanding dengan hari-hari biasanya. Tanggal 17 Agustus memiliki arti yang sangat besar bagi Bank Jatim baik secara corporate maupun bagi seluruh keluarga besarnya. Disamping memperingati HUT Kemerdekaan Negara Indonesia, setiap tanggal 17 Agustus Bank Jatim memperingati hari jadinya dengan berbagai kegiatan yang meriah, memupuk kebersamaan dan juga memiliki arti yang penting sehingga selalu meninggalkan kesan yang positif dari tahun ke tahun.

Tepat pada 17 Agustus 2014 ini Bank Jatim telah berusia 53 Tahun, dalam perjalanannya mulai saat pertama kali berdiri sampai sekarang ini tentu banyak kenangan dan sejarah yang telah dicatatkan oleh Bank Jatim. Dengan tujuan untuk terus mengingat perjuangan pendiri yang terdahulu serta untuk menimbulkan semangat kebersamaan dan rasa cinta kepada Bank Jatim, maka Bank Jatim memeriahkan HUT Negara Republik Indonesia yang ke-69 dan HUT Bank Jatim yang ke-53 dengan mengadakan berbagai kegiatan baik yang sifatnya perlombaan olahraga, hiburan, hingga yang bersifat sosial.

Di kegiatan olahraga Bank Jatim mengadakan perlombaan antara lain seperti menembak, futsal, tenis lapangan, bola voli, bulu tangkis, tenis meja, memancing, jalan sehat, fun bike, dan golf.

Di bidang sosial Bank Jatim juga memberikan perhatiannya dengan mengadakan acara khitanan massal dan khataman Al Qur’an yg telah usai digelar pada bulan Juli yang lalu, tabur bunga kepada karyawan Bank Jatim yang telah meninggal dunia, pemberian bingkisan beras dan uang untuk fakir miskin dan dhuafa, pemberian santunan kepada lima yayasan panti asuhan, dan pemberian santunan kepada janda para karyawan Bank Jatim.

Selain dua kegiatan tersebut Bank Jatim juga mengadakan acara hiburan lainnya seperti Lomba menyanyi Bank Jatim Got Talent yang dikhususkan bagi karyawan Bank Jatim, hiburan dari BJ Band yang dilaksanakan bertepatan disaat ceremony dan tasyakuran pada 17 Agustus 2014.

Direktur Utama Bank Jatim Hadi Sukrianto mengatakan diusia 53 tahun ini telah banyak sejarah, peristiwa, dan pengalaman yang dicatatkan Bank Jatim, oleh karena itu jangan sekali-kali pernah melupakan perjalanan sejarah.

“Apa yang kita alami sekarang dengan berbagai pencapaian yang membanggakan tidak terlepas dari sejarah, ini mengingatkan saya pada pidato Bung Karno yang berjudul Jas Merah yang merupakan kepanjangan dari “Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah” karena apa yang telah kita capai saat ini tidak akan berarti tanpa perjuangan para pendiri kita terdahulu, inilah kiranya yang menjadi arti penting tanggal 17 Agustus bagi Bank Jatim, “Jelas Hadi.

Perjalanan Bank Jatim dari awal mula berdiri hingga telah menjadi sebuah perusahaan terbuka memiliki lebih dari 5000 pegawai, dan dari aset yang sangat kecil hingga menjadi triliunan rupiah seperti saat sekarang ini Bank Jatim terus berkembang dan semakin maju, semua itu tak lepas dari jasa-jasa dan dedikasi para pendahulu Bank Jatim.

“Tugas kita sebagai generasi penerus adalah meneruskan cita-cita pendahulu kita, ini sejalan dengan makna hari kemerdekaan Negara Indonesia yaitu memupuk kembali rasa persatuan dan kesatuan untuk terus membangun negeri menjadi lebih baik. Oleh karena itu Bank Jatim memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-69 dan HUT Bank Jatim ke-53 ini dengan mengadakan berbagai acara yang positif, “sambung Hadi.

Selain tujuan sebagai refleksi untuk mengingat kembali esensi dari hari kemerdekaan dan hari ulang tahun Bank Jatim, dengan diadakannya berbagai acara dalam menyambut 17 Agustus ini diharapkan dapat terus memacu semangat kerja seluruh keluarga besar Bank Jatim baik dari level yang terbawah hingga menajemen untuk terus dapat memberikan kinerja sebaik mungkin.

Sejauh ini Kerja keras Bank Jatim untuk menjadi bank yang terkemuka khususnya di Provinsi Jawa Timur serta mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui penyaluran kredit kepada UMKM perlahan telah membuahkan hasil. Tentunya kondisi ini tidak langsung serta merta menjadikan Bank Jatim jawara, tapi harus lebih bagaimana mempertahankannya dan mengupayakan agar tetap tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik kedepannya.

“Jadikan hari kemerdekaan dan HUT Bank Jatim ini sebagai momen bagi kita untuk terus memberikan kinerja terbaik dan terus menjadi bank yang sehat bagi masyarakat, nasabah, stakeholder dengan semangat memberikan yang terbaik,“ terang Hadi.

Dalam mencapai misi menjadi BPD Regional Champion di akhir tahun 2014 ini, berbagai target telah ditetapkan oleh Bank Jatim, diantaranya :
1.    Total aset 18,96%
2.    Kredit 25,51%
3.    Dana Pihak Ketiga 24,88%
4.    Rasio Keuangan :
a.    CAR (20,29%)
b.    LDR (84,99%)
c.    NIM (7,73%)
d.    BOPO (70,01%)
e.    ROE (20,60%)
f.    ROA (3,76%)  
 
Untuk mencapai target tersebut maka Bank Jatim harus melakukan ekspansi bisnis, diantaranya adalah Bank Jatim akan mengembangkan produk-produk berbasis e-channel diantaranya Internet Banking, layanan Priority Banking, Mobile Banking, Dealing Room, Reksadana, pengembangan fitur EDC, Fire BCA (co-branding), pengembangan Tabungan SIKLUS, Dealing Room, Reksadana, implementasi e-money, serta Host to Host PDAM dan Rumah Sakit.  

“Harapan untuk menjadi Bank yang terus maju dan berkembang dimulai dari sekarang, Karena sekarang adalah waktu yang tepat dan memang sudah saatnya kita menjadi bank yang memiliki daya saing yang kuat. Mari kita satukan visi dan misi kita untuk berkarya dan bekerja lebih baik dan untuk tujuan yang lebih baik bagi kemajuan Bank Jatim, “harap Hadi.(cap)