BCA sekuritas - upgrade ke sasaran harga 600

Date: 05 agustus 2014

Kategori : Semua Berita, IRU


Bank Jatim mengumumkan hasil yang beragam untuk 1H14 yang diperhitungkan 51,3% dan 46,8% dari konsensus dan perkiraan FY14 kami, masing-masing. Kualitas kredit, salah satu perhatian utama, mulai menstabilisasi bahkan di bawah palung siklus biasa di tempat ke-2 di sektor perbankan dan arus tingkat suku bunga yang tinggi. Profitabilitas menurun secara triwulanan karena pertumbuhan beban bunga lebih tinggi dari pertumbuhan pendapatan bunga, meskipun kami tetap yakin kinerja keuangan bank akan pulih pada 2H14 dan masih membukukan pertumbuhan laba bersih yang sehat pada tahun 2014. 

Kami mempertahankan rekomendasi BUY dan pandangan positif pada saham posting pertemuan analis diberikan bank i) meningkatkan porsi CASA di 2H14, maka kita melihat tekanan tinggi akan terjadi pada beban bunga pada semester kedua tahun ini, ii) pinjaman yang kuat dan stabil pendapatan, iii) pertumbuhan deposito yang kuat dan iii) peningkatan perlambatan kualitas aset maka tidak banyak tekanan pada ketentuan pendapatan. 

Tekanan terhadap profitabilitas berasal dari beban bunga yang lebih tinggi, yang pada gilirannya dikaitkan dengan komposisi tingkat bunga tetap pinjaman yang tinggi bank dengan komposisi lebih dari 70%. PPOP berhasil mencatat subtantial YoY meningkat 19,8% pada 1H14 tetapi hanya kenaikan YoY 4% sedikit di 2Q14. Kami percaya tekanan telah mencapai puncaknya i) sebagai bank mempertahankan kuat 68,5% CASA, ii) tingkat komitmen maksimum 7,75% di Deposito berjangka (lebih rendah dibandingkan dengan bank lain), iii) disiplin atas biaya operasional, iii) provisi kerugian normal karena perbaikan kualitas aset dan iv)