Makin Agresif, Bank Jatim Gandeng PTPN X Sebagai Mitra Kerja

Date: 03 desember 2015

Kategori : Semua Berita



bankjatim kian agresif dalam menyalurkan kredit ke berbagai sektor. Kali ini, dilakukan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pelaksanaan Kredit Bankit Kkpa Pada Sektor Perkebunan Tebu Pola Kemitraan Musim Tanam Tahun (MTT) 2015/2016 dan 2016/2017 yang dilakukan oleh Direktur Agrobisnis dan Usaha Syariah bankjatim Tony Sudjiaryanto dengan Direktur Keuangan PT Perkebunan Nusantara X Muhammad Hanugroho di Kantor Pusat bankjatim (2/12).

Kredit BANKIT KKPA pada Sektor Perkebunan Tebu adalah Kredit yang diberikan oleh bankjatim kepada Koperasi yang ditunjuk oleh Pabrik Gula unit kerja dari PTPN X dalam rangka pembiayaan tebu rakyat untuk diteruskan kepada anggotanya, yang dilaksanakan dengan pola kerjasama berdasarkan kesepakatan antara Pabrik Gula (PG) dan Koperasi atas dasar prinsip saling memerlukan, saling memperkuat dan saling menguntungkan, dengan PTPN X dan Pabrik Gula sebagai avalis kredit.

Dalam hal ini, Pabrik Gula mitra peserta Kredit pada Sektor Perkebunan Tebu adalah unit usaha dari PTPN X, yakni seluruh Pabrik Gula dibawah naungan PTPN X. Sedangkan, Koperasi yang diikutsertakan dalam Kredit BANKIT KKPA pada Sektor Perkebunan Tebu Pola Kemitraan adalah Koperasi yang ditetapkan oleh Pabrik Gula.

Direktur Agrobisnis & Usaha Syariah bankjatim Tony Sudjiaryanto menyampaikan bahwa sumber dana Kredit BANKIT KKPA pada Sektor Perkebunan Tebu Pola Kemitraan MTT 2015/2016 dan 2016/2017 berasal dari dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDB-KUMKM).

“Sumber dana Kredit ini adalah dari LPDB-KUMKM dan dilaksanakan berdasarkan ketentuan kredit yang ditetapkan oleh bankjatim. Dalam pelaksanaannya, PTPN X wajib menjamin pengembalian atas kredit yang diberikan oleh bankjatim selaku avalis kepada Koperasi binaan Pabrik Gula di Wilayah Kerja PTPN X untuk membiayai usaha budidaya tebu yang bersangkutan. Dengan ditandatanganinya surat perjanjian kerjasama ini, PTPN X telah bersedia dan memberikan persetujuan penjaminan atas seluruh kredit yang diberikan bankjatim kepada Koperasi yang direkomendasi Pabrik Gula dibawah naungannya” jelas Tony.