Peduli Lingkungan, Bank Jatim Berikan Bantuan 17.845 Bibit Mangrove

Date: 01 november 2023

Kategori :


SURABAYA, 31 OKTOBER 2023. Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) telah resmi menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur berupa bantuan rehabilitasi mangrove. Bertempat di Romokalisari Adventure Land, bantuan diserahkan secara simbolis oleh Direktur Operasi bankjatim Arif Suhirman kepada Kepala Dinas Kehutanan Prov. Jawa Timur Jumadi dan turut disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada hari Selasa (31/10). Tidak hanya penyerahan CSR, dalam kesempatan tersebut bankjatim juga mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur atas dukungan pelestarian ekosistem mangrove yang telah dilakukan.

Arif menjelaskan, bantuan CSR berupa program penanaman 17.845 bibit mangrove ini merupakan upaya rehabilitasi lahan kritis dan ekosistem mangrove di Jawa Timur. Tujuannya, mendukung pemulihan ekosistem dan peningkatan daya dukung daerah aliran sungai melalui penghijauan dan rehabilitasi mangrove. ”Selain itu juga untuk pemberdayaan masyarakat bidang kehutanan,” tuturnya.

Menurut Arif, hal tersebut merupakan bentuk kepedulian bankjatim dalam membangun dan menjaga lingkungan hidup, khususnya di Jawa Timur. ”bankjatim akan selalu hadir melayani masyarakat serta berkontribusi dalam pemulihan dan peningkatan ekosistem mangrove di Jawa Timur, khususnya di pesisir pantai,” ungkapnya. Adapun ribuan bantuan bibit mangrove itu nantinya akan ditanam di area Koarmada II.

Sementara itu, Khofifah dalam sambutannya menyebutkan bahwa dari seluruh mangrove yang ada di Pulau Jawa, sebesar 50 persennya berada di Jawa Timur. Menurut orang nomor satu di Jawa Timur tersebut, itu bisa terjadi karena kerja keras kita semua. ”Penggiat-penggiat mangrove ini luar biasa, mereka tidak kenal hari tidak kenal waktu terus bergerak. Dan itulah yang kemudian menjadi penyangga dari semua bibir pantai kita. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar. Selain menanam, kita juga harus mampu membuat hilirisasi mangrove bisa memberikan nilai tambah,” katanya.