Peduli Lingkungan, Bank Jatim Serahkan CSR ke Pemkab Lamongan dan Pemkab Gresik

Date: 29 desember 2023

Kategori :


LAMONGAN, 21 Desember 2023. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) kembali menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan. Bantuan yang diberikan berupa bak kontainer penampung sampah dan tempat sampah berbagai jenis dengan total sebanyak 57 buah. Bertempat di Aula Gajah Mada Kantor Pemkab Lamongan, bantuan CSR tersebut diserahkan secara simbolis oleh SEVP Consumer Banking bankjatim Hermita kepada Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan didampingi oleh Pemimpin bankjatim Cabang Lamongan Sofia Amarina hari Kamis (21/12).

Direktur Utama bankjatim Busrul Iman menjelaskan, bak kontainer penampung sampah dan tempat sampah Kabupaten Lamongan ini digunakan untuk mengangkut atau membersihkan sampah dalam jumlah yang lebih besar sehingga dapat meningkatkan keindahan tata lingkungan kota. “Kami harap keberadaan tempat sampah ini dapat membuat masyarakat tidak kesulitan ketika ingin membuang sampah dan sadar pentingnya menjaga kebersihan sehingga akan berdampak terhadap kebersihan lingkungan,” paparnya.

Nantinya puluhan tempat sampah tersebut akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis Kabupaten Lamongan. Seperti di alun-alun maupun taman-taman kota. Menurut Busrul, ini sebagai bukti bahwa bankjatim juga peduli terhadap lingkungan. “Kita semua berharap masyarakat bisa selalu menjaga Kabupaten Lamongan agar tetap bersih, indah, dan asri. Mari kita bersama-sama mewujudkan masyarakat yang peduli lingkungan, semoga kerja sama bankjatim dengan Pemkab Lamongan dapat terus berjalan dan semakin baik ke depannya,” tegas Busrul.

Selain penyerahan CSR, pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan beberapa bantuan dari bankjatim kepada Pemkab Lamongan. Seperti pembuatan sistem digitalisasi penerimaan daerah untuk pembayaran PBB kepada Bapenda Kabupaten Lamongan. Kemudian pembuatan lapangan bola voli Kepada Dinas Pendidikan, serta bantuan stunting kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan selaku orang tua asuh. “Kami akan terus berkomitmen menjadi mitra kerja Pemerintah Kabupaten Lamongan yang dinamis dan dapat mendukung program-program kerja yang ada melalui layanan digitalisasi yang dimiliki bankjatim,” ucap Busrul.

Sementara itu, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bankjatim atas sinergitas yang telah terjalin selama ini dalam mendukung program - program pemerintah. “Kami sangat mengapresiasi bankjatim yang telah peduli terhadap lingkungan. Kami akan manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk menjaga kebersihan serta keindahan Kabupaten Lamongan,” ungkapnya.

Di hari yang sama, juga berlangsung penyerahan CSR di Gresik. Bantuan CSR yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Gresik yaitu 1 unit excavator. Penyerahan dilakukan oleh AVP Komunikasi Korporat bankjatim kepada Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan didampingi oleh Pjs. Pemimpin bankjatim Cabang Gresik Abdullah Basid pada hari Kamis (21/12).

Pemberian CSR excavator ini dalam rangka upaya pengendalian banjir kali lamong di Kabupaten Gresik. Adapun Pemerintah Daerah Kabupaten Gresik telah melakukan beberapa upaya perbaikan dengan mengembalikan alur kali lamong lewat cara normalisasi sungai dan perkuatan tanggul kali lamong. Melihat dari urgensinya pengendalian banjir kali lamong, maka diberikanlah excavator tersebut. “Excavator ini akan digunakan untuk kelancaran pekerjaan normalisasi kali lamong dengan cara pengerukan, tujuannya mengurangi sedimentasi. Sehingga daya tampung air pada kali lamong lebih besar serta dapat mengurangi resiko terjadinya luapan air kali yang dapat mengakibatkan banjir,” ungkap Busrul.

Dia menegaskan, bankjatim sebagai banknya masyarakat Jawa Timur tidak hanya fokus mengelola bisnis, tetapi juga berkomitmen memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat Jawa Timur melalui CSR bankjatim peduli. “Semoga bantuan excavator ini dapat bermanfaat bagi Pemkab Gresik terutama untuk membenahi Kali Lamong.” ujar Busrul.