Tingkatkan Penerapan ETPD, Pemkab Tuban bersama Bank Jatim Launching KKPD

Date: 27 desember 2023

Kategori :


TUBAN, 19 DESEMBER 2023. Dalam rangka meningkatkan penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban bersama dengan bankjatim dan BNI telah meluncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD). Bertempat di Pendopo Kridho Manunggal Kabupaten Tuban, acara launching tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban Budi Wiyana dan Direktur Keuangan, Treasury dan Global Services bankjatim Edi Masrianto pada hari Selasa (19/12) malam.

Edi mengatakan, adanya KKPD ini merupakan suatu upaya untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja pemerintah daerah dari cara tunai menjadi nontunai berbasis digital. Selain itu, juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya dalam sistem pajak daerah di Kabupaten Tuban. ”Peluncuran KKPD sekaligus dalam rangka memenuhi kebutuhan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atas alat pembayaran berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” tuturnya.

Menurut Edi, penerapan KKPD ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan perputaran uang pemerintah daerah sehingga diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat. Adapun KKPD hasil kolaborasi antara bankjatim dengan BNI itu digunakan sebagai kartu kredit untuk melakukan pembayaran atas belanja yang dibebankan pada APBD. Atas hal tersebut, bankjatim berharap dengan penggunaan KKPD di Kabupaten Tuban dapat memberikan banyak keuntungan. Antara lain mengurangi idle cash dari penggunaan uang persediaan satuan kerja, meningkatkan keamanan, mengurangi potensi fraud, dan meminimalisir penggunaan uang tunai.

Pihaknya sangat bersyukur karena kerja sama yang terus dijalin oleh bankjatim dengan Pemkab Tuban selama ini selalu membuahkan hasil. Terutama dalam hal dunia keuangan pemerintah yang sedang berkembang. ”Kami berharap bankjatim dapat terus bersinergi dan berkomitmen dalam memberikan support untuk berbagai program kerja yang dilakukan oleh Pemkab Tuban. Semoga bankjatim dapat senantiasa menjadi mitra kerja yang baik bagi Pemkab Tuban serta pelayanan kami dapat terus bermanfaat bagi nasabah, khususnya masyarakat Tuban,” ungkap Edi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban Budi Wiyana menyatakan bahwa KKPD adalah salah satu instrumen untuk kendali dalam pengelolaan keuangan daerah, dengan konsep transaksi nontunai menggunakan kartu kredit. ”KKPD menjadi salah satu kendali dalam pengelolaan anggaran keuangan daerah agar lebih transparan dan akuntabel. Dengan diterapkannya KKPD di Kabupaten Tuban sangat berkesinambungan dengan semangat Pemkab untuk melakukan transaksi non tunai,” tegasnya.

Pihaknya berharap dengan adanya KKPD dapat mengoptimalisasi peningkatan PAD yang mungkin tadinya tidak terdeteksi menjadi bisa terdeteksi. KKPD juga dapat mempermudah transaksi Pemkab dan sekaligus bisa mempercepat perputaran ekonomi.