Prediksi Peluang Ekonomi 2015 Bank Jatim Gelar Gathering Bersama Nasabah Trade Finance

Date: 15 desember 2014

Kategori :


Bank Jatim Gathering dg nasabah

Dengan tujuan untuk lebih mengenalkan aktivitas treasury khususnya dealing room bankjatim kepada nasabah, Senin (15/12) bankjatim mengadakan gathering  dengan nasabah trade finance dan treasury yang bertempat di Hotel Bumi Surabaya.

Acara yang bertajuk “Bank Jatim Facing 2015 Through Opportunity” ini selain ditujukan sebagai sarana komunikasi dan silaturahmi dengan nasabah bankjatim, juga sebagai pengenalan produk trade finance dan treasury bankjatim, serta sekaligus bentuk edukasi kepada nasabah mengenai prediksi market di tahun 2015 mendatang.

Dalam acara ini, bankjatim juga menghadirkan pengamat ekonomi Aviliani sebagai pembicara yang sudah tidak diragukan lagi kapabilitasnya mengenai perekonomian di Indonesia.

Sebagaimana fungsi utamanya yaitu mengelola likuiditas Bank, baik dalam rangka memenuhi ketentuan Giro Wajib Minimum (GWM) Bank Indonesia ataupun dalam rangka memenuhi kewajiban terhadap nasabah deposan, debitur serta counterparty, maka treasury merupakan tempat yang tepat untuk melakukan pemenuhan kebutuhan valuta asing maupun lindung nilai (hedging).

bankjatim sebagai Bank Devisa, senantiasa berusaha melayani kebutuhan masyarakat akan transaksi ekspor impor, SKBDN maupun remittance. Untuk melengkapi pelayanan tersebut, bankjatim melalui divisi treasury telah membangun dealing room untuk mensinergikan layanan transaksi trade finance dan kebutuhan valuta asing maupun hedging sekaligus meningkatkan fee based income bankjatim.

Dealing room merupakan unit kerja yang diisi oleh tenaga profesional (dealer) yang bertugas sebagai supporting unit dalam mengelola likuiditas, GWM, dan Posisi Devisa Neto sebagaimana ketentuan Bank Indonesia, juga sebagai unit profit center dengan aktif bertransaksi di pasar keuangan dan dengan Nasabah.

Resmi difungsikan sejak September yang lalu, dealing room bankjatim saat ini telah aktif melakukan transaksi-transaksi treasury seperti money market, foreign exchange market, capital market, termasuk transaksi dengan Nasabah. Dalam mendukung operasionalnya, dealing room telah dilengkapi dengan infrastruktur pendukungnya seperti Dealing Phone, Bloomberg, Reuters Dealing dan Eikon termasuk sistem treasury Ambit Quantum yang diimplementasikan oleh SunGard Indonesia/Asia Pasifik.

Direktur utama bankjatim Hadi Sukrianto menyampaikan bahwa dealing room ini merupakan salah satu upaya bankjatim dalam mengembangkan produk dan layanan agar bankjatim terus berdaya saing ditengah semakin kuatnya persaingan dibisnis perbankan.

“bankjatim terus memberikan yang terbaik, dari sisi produk dan layanan hingga peningkatan kinerja agar mampu tumbuh dari waktu ke waktu. Keberadaan dealing room ini selain ditujukan untuk menjaga likuiditas, diharapkan mampu meningkatkan pendapatan (fee based income) dari aktifitas treasury,” jelas Hadi Sukrianto.

Adapun Pencapaian Dealing Room Treasury bankjatim sejauh ini mencatatkan pencapaian yang melaju pesat, terlihat pada beberapa indikator keuangan yang telah berhasil dicapai. Aktifitas treasury melalui Dealing Room per November 2014 telah menghasilkan pendapatan treasury sebesar Rp589.009 juta atau meningkat 42,92% yoy dari pencapaian pada bulan November 2013 yaitu sebesar Rp412.122 juta. (pr/med)